Jakpro Merupakan Project Owner Pertama di Asia Tenggara yang Memperoleh Sertifikasi ISO 19650 BIM Part 1,2, dan 3

P1070934

Jakpro Merupakan Project Owner Pertama di Asia Tenggara yang Memperoleh Sertifikasi ISO 19650 BIM Part 1,2, dan 3

Jakarta, 11 Januari 2023 – PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (“Jakpro”) merupakan project owner pertama di Asia Tenggara yang tersertifikasi ISO 19650 Building Information Modelling (BIM) pada part 1, 2 dan 3 dari Lembaga Sertifikasi ISO PT CBQA Global Indonesia. CBQA Global adalah Lembaga Sertifikasi, Audit, dan Training terpercaya untuk perusahaan nasional maupun internasional. Sertifikasi ISO 19650 1, 2, dan 3 diberikan karena Jakpro secara konsisten mengimplementasikan BIM pada proyek konstruksi dan pengelolaan aset. Sertifikasi ini merupakan standar BIM internasional yang bertujuan untuk mengkonsolidasikan, tata cara, fungsi, metode terhadap implementasi manajemen informasi dengan menggunakan BIM.

Penghargaan ini merupakan salah satu apresiasi yang patut didapatkan oleh Jakpro. Mengingat selama beberapa tahun terakhir ini, sebagai project owner yang banyak mendapatkan penugasan proyek pembangunan dari Pemprov DKI Jakarta, Jakpro telah menerapkan BIM yang didukung oleh teknologi, sumber daya manusia dan proses yang sesuai standard ISO 19650 part 1, 2 dan 3 pada pelaksanaan proyek konstruksi seperti pembangunan mega struktur Jakarta International Stadium (“JIS”) dan revitalisasi Taman Ismail Marzuki (“TIM”) serta optimalisasi operasional aset-aset perusahaan.

Building Information Modelling (BIM) adalah penggunaan model digital sebagai representasi dari aset yang dibangun untuk memfasilitasi proses desain, konstruksi dan proses operasi atau pemeliharaan sebagai informasi yang dapat diandalkan dalam pengambilan keputusan. BIM diterapkan sebagai satu kesatuan pelaksanaan engineering secara digital.

Jakpro memperoleh sertifikasi ISO 19650 Building Information Modelling (BIM) pada part 1, 2 dan 3 berdasarkan penilaian dan assessment yang dilakukan oleh badan sertifikasi internasional melalui dua sesi audit yang dilakukan di kantor pusat Jakpro, proyek JIS dan proyek revitalisasi TIM yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 Oktober 2022 dan 7-9 Desember 2022. Sehingga, tim penilaian secara langsung menyaksikan proses dan kepatuhan implementasi BIM yang telah diterapkan Jakpro pada proyek konstruksi dan operasional aset sesuai standar ISO 19650.

Sementara itu, penyerahan sertifikat ISO 19650 :2018 diberikan secara simbolis pada acara Jakpro Town Hall Meeting, 11 Januari 2023 yang dilangsungkan di Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur. Iwan Takwin, selaku Direktur Utama Jakpro menerima langsung penghargaan bergengsi ini yang menjadikan Perseroan sebagai Project Owner pertama di Asia Tenggara yang memperoleh sertifikat ini. Turut hadir dalam penyerahan piagam ini yakni Direktur Utama PT CBQA Global Indonesia – Ibu Yessiva, Direktur PT Jakarta Propertindo (Perseroda), Direktur Anak Usaha PT Jakarta Propertindo (Perseroda), dan para Jakpronian atauKaryawan/Karyawati PT Jakarta Propertindo (Perseroda).

Kami berharap, sertifikasi ini dapat memberikan motivasi lebih kepada Jakpro untuk dapat secara konsisten berinovai dan bertransformasi digital menjadi BUMD yang semakin unggul khususnya pada BIM & digital konstruksi dalam membangun infrastruktur Jakarta untuk Indonesia yang lebih maju.